Minggu, 20 Desember 2009

Mengatur Pengecekan Ejaan untuk Bahasa Indonesia di MS Word

Di MS Word secara default akan mengecek ejaan yang kita ketikkan dalam bahasa Inggris. Jadi kalau spelling checker diaktifkan setiap kita mengetikkan kata-kata dalam bahasa Indonesia selalu akan ditandai di bawah kata tersebut dengan garis merah zigzag. Ini menandakan bahwa kata tersebut tidak dikenal oleh database kamus, dalam hal ini kamusnya bahasa Inggris. Untuk bisa memanfaatkan spelling checker dalam bahasa Indonesia, kita harus menambahkan dictionary sendiri. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan:


  1. Menambah kata-kata di custom dictionary. Ini dilakukan dengan cara: Pilih menu TOOLS - OPTIONS…. Pilih Tab SPELLING & GRAMMAR. Klik tombol CUSTOM DICTIONARIES. Klik tombol MODIFY dan ketikkan kata yang ingin ditambahkan di kotak WORD dan klik tombol ADD. Untuk mengerjakan ini tentu akan banyak menghabiskan waktu karena kata-kata yang harus ditambahkan akan banyak sekali.
  2. options - customdictionaries - customdic -
  3. Menginstalasi file database kamus dalam bahasa Indonesia. Unduh file indonesia.rar. Setelah itu pindahkan file tersebut di folder C:\DOCUMENT AND SETTING\user\APPLICATION DATA\MICROSOFT\PROOF. User adalah nama user dari komputer anda. Setalah itu aktifkan kamus tersebut caranya seperti no 1 di atas.Pada jendela CUSTOM DICTIONARIES, centanglah file yang baru kita masukkan (indonesia.dic). Kamus CUSTOM.DIC bisa anda nonaktifkan. Agar kamus ini berfungsi aktifkan CHECK SPELLING AS YOU TYPE di jendela OPTIONS.
  4. Anda bisa menambah kata baru yang belum ada di kamus ini atau memperbaiki daftar yang sudah ada jika ada yang salah.
Beberapa manfaat dipasangnya pengecek ejaan dalam bahasa Indonesia, antara lain:
  • Dapat melakukan pengecekan ejaan dengan cepat tanpa perlu membaca seluruh kata dalam dokumen. Cukup memperhatikan kata-kata yang bergaris bawah berwarna merah.
  • Dapat melakukan perbaikan/koreksi dengan cepat. Jika kamus Indonesia (dictionary) sudah cukup lengkap, perbaikan dapat dilakukan dengan mengklik tombol kanan mouse dan memilih kata yang tersedia.
  • Kita dapat langsung mengetahui kata yang kita ketikan salah, karena langsung akan diberi tanda garis merah yang menunjukkan bahwa kata tersebut belum dikenal.
Aku punya pengalaman di Rental (Jasa Pengetikan), jadi kalau ada ketikan yang menggunakan bahasa Indonesia, tinggal aktifin aja Spelling-nya.... Kalau ada yang salah ketik atau tidak ada dalam kamus bahasa Indonesia akan ada garis merah zigzag dibawah kata yang salah. Buat temen-teman yang lagi nyusun KKP atau apa aja yang menggunakan bahasa Indonesia, saya sarankan pake Dictionary Indonesia. Agar kesalahan pengetikan bisa diminimalisir. Selamat mencoba.....

0 komentar:

Posting Komentar